INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Rabu, 26 Maret 2014

PROMO HARGA NISSAN - TANYA JAWAB SEPUTAR NISSAN, INDICATOR BENSIN NISSAN GRAND LIVINA TIDAK BERFUNGSI, KENAPA ?



INFORMASI HARGA DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN
Add caption


Pak Aswin – Ciputat Tangerang Selatan

Pertanyaan :
Assalamu’alaikum mas Iwan,

Mau tanya mas Iwan, kemarin saya isi bensin di SPBU untuk mobil NISSAN GRAND LIVINA saya full tank, tapi pagi ini ketika saya panaskan mobil indicator bensinya kenapa tidak terisi penuh, posisinya masih di “E” padahal kemarin bensin sudah full saya isi.
Apa ada masalah dengan indicator bensin dimobil saya ? info yang saya terima dari teman yang juga pakai mobil GRAND LIVINA memang punya masalah yang sama dengan saya, dan katanya itu bisa diklaim / diganti “spare part” nya karena ada warranty nya, gimana caranya mas..? Tolong info nya.


Jawab :

Wa’alaikum salam Wrwb
Pak Aswin di Ciputat, mengenai indicator bensin nissan GRAND LIVINA memang ada beberapa kasus seperti yang pak Aswin alami, namun sekarang ini kasusnya sudah jauh berkurang untuk unit yang diproduksi tahun 2012. Memang benar ada warranty atau garansi untuk “spare part” tersebut selama masih memenuhi persyaratan untuk klaim garansinya.

Adapun hal yang perlu pak Aswin lakukan adalah sebagai berikut :


  • Pertama adalah membuat appoitment service ke bengkel nissan terdekat

  • Setelah dapat jadual hari dan jam service, pak Aswin datang ke bengkel sesuai jadual waktu yang telah ditentukan.

  • Sampaikan masalah atau keluhan pak Aswin kepada petugas SA “Service Advisor” mengenai indicator bensin yang tidak berfungsi tersebut.

  • Petugas atau mekanik bengkel akan mengecek atau memeriksa apa yang menjadi penyebab atau masalah indicator bensin di mobil pak Aswin

  • Setelah diketahui penyebabnya nanti baru bisa dilakukan proses untuk klaim untuk spare part yang mungkin perlu diganti.

Perlu diketahui bahwa untuk klaim penggantian spare part perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan terlebih dahulu oleh mekanik dibengkel nissan. Berdasarkan pemeriksaan ini nanti akan diketahui apa penyebab masalahnya dan perlu tidaknya dilakukan penggantian spare part.

Untuk kasus indicator yang tidak berfungsi sumber masalahnya disebabkan antara lain :


  • Tersumbatnya pelampung karena ada kotoran yang menempel pada pelampung, sehingga tidak berfungsi dengan baik. Bila ini penyebabnya, maka hanya cukup dibersihkan saja kotoran yang menempel pelampung tersebut supaya bisa kembali berfungsi. Pelampung yang kotor ini menjadi penyebab kebanyakan masalah tidak berfungsinya indicator mobil pada nissan GRAND LIVINA.

  • Ada kerusakan pada pelampung atau part lainnya yang berhubungan dengan indicator bensin, cari tahu penyebab lainnya. Penyebab inilah yang bisa diklaim untuk penggantian spare partnya.

Proses klaim / warranty spare part bisa dilakukan bilamana masih dalam masa warranty yaitu 3 tahun sejak tanggal pembelian atau 100.000km mana yang lebih dahulu tercapai.
Demikian informasinya pak Aswin, senang bisa ikut membantu.


Salam,


Iwan Prasetyo – www.nissanpilihanku.com




6 komentar:

Unknown mengatakan...

hal ini yang juga menimpa saya kemarin.lalu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu?apakah menghubungi dealer tempat pembelian mobil tersebut?
mohon dibalas gan perlu infonya.terimakasih

Unknown mengatakan...

Mas Faizal,

Langkah pertama adalah membuat appoitment ke bengkel nissan terdekat untuk dibuatkan jadual service, sama prosedurnya seperti yang saya tuliskan diatas.

Jadi tdk perlu menghubungi dealer tempat pembeliaan mobil, namun kalau dealernya dilengkapi fasilitas bengkel boleh juga, atau masih ada salesnya yg bisa ikut membantu membuatkan appoitment di dealer /bengkel tsb

Oya cek kembali tanggal pembelian kendaraan dan masa garansinya yaitu 100rb km atau 3 tahun mana yg lebih dulu tercapai.

Queen Elim mengatakan...

Mas, saya mau Tanya....mobil livina saya fuel pumpnya patah dan bensin meluap kluar, jadi di dalam mobil bau bensin...kemudian saya ganti dg fuel pump yg baru beli di BERES Nissan sekitar 2 bln lalu....dan td siang saat mobil berhenti tiba2 bensin ngucur deras banget dari bawah mobil, dan mobil tidak dpt di hidupkan kembali, saya panggil montir terdekat, di cek ternyata pemasangan fuel pump tidak kencang dan copot..bahaya banget kan, mana ada anak2 dalam mobil. sebenarnya penyebab fuel pump rusak atau lepas itu apa ya...bagaimana mengetahui kerusakannya sebelum terjadi kebocoran..karena kalau mobil lagi kondisi berjalan, bau bensin yg ngucur dari bawah tidak bsa tercium...terima kasih

Otomotif Service mengatakan...

terima kasih dan salam kenal buat pak superdealer dan queen lin

fuel pump rusak ..?? rusak apanya dulu nih , kalau rusak fisiknya seperti yang bapak ceritakan ( patah ) itu sangat jarang terjadi , tapi bukan berarti tidak mungkin terjadi loh ya ,, bisa saja patah diakibatkan fuel pump jatuh , cara nyopot selang fuel pump yang salah , dll

tapi kalau rusak lbh spesifik lagi pada motor fuel pump nya itu bisa diakibatkan oleh banyak faktor antara lain : kondisi filter bensin yg sudah sangat kotor ( waktunya ganti ) , tangki kemasukan air atau kotor dan masa pakai fuel pump yg sudah terlalu lama / fuel pump sudah tua..,, kalau pada kasus motor fuel pump mulai kena ini dapat dideteksi dengan performa engine yg menurun misal engine mbrebet , tarikan berat dan pincang.

sekian semoga membantu.
jangan lupa berkunjung ke blog saya untuk sharing masalah otomotif di http://ganoolmotor.blogspot.com/

Unknown mengatakan...

Saya pakai GLivina xv 1.5 matic 2011 ban ring 18. RPM saat diam di 1,25. Terakhir sy test penggunaan bbm, dari kosong (lampu indikator nyala) sy isi premium 50ribu rp, meter jarak tempuh B sy nolkan. Sy kendarai dgn rata max 2RPM atau sekitar 20-40km/jam jalanan memang cukup padat sesekali berhenti sesaat. Setelah menempuh 53 km lampu indikator nyala kembali "E". Pertanyaan saya: Normalkah ini? Boros atau ada masalah di meterannya? Terimakasih.

Unknown mengatakan...

Selamat pagi mas Iwan, livina saya juga kadang tiba-tiba mati seperti bensin habis/ngempos. Saya tanya bengkel terdekat katanya harus ganti fuel pump. Berapa harga barang tersebut? apa tidak bisa diservice tapi harus ganti gitu? terimakasig

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman