Sejarah Penemuan Mesin Mobil
Sejarah penemuan mesin mobil merupakan awal sukses dari mobil yang kita ketahui pada
saat ini dimulai dari diterapkannya mesin pembakaran internal. Mesin
pembakaran internal menggunakan bahan bakar sebagai sumber tenaga hasil
pembakaran di ruang bakar yang digunakan untuk mendorong / menggerakan
piston di dalam silinder.
Add caption |
Walaupun banyak buku-buku sejarah mengatakan bahwa mobil diciptakan oleh
Gottlieb Daimler atau Carl Benz! ? Hal ini disebabkan karena Daimler
dan Benz menciptakan kesuksesan dengan membuat kendaraan bermesin
pembakaran internal yang terlihat dan bekerja seperti mobil-mobil kita
gunakan saat ini. Artikel terkait Sejarah Penemuan dan Perkembagan Teknologi Mesin Mobil.
Add caption |
Namun pada kenyataannya kendaraan pertama yang menggunakan mesin uap
diciptakan oleh Nicolas Joseph Cugnot dari Perancis, yang membuat mobil
pertama pada tahun 1769. Hal ini diakui oleh British Royal Automobile
Club dan Club de Automobile Perancis. Jadi siapakah yang pertama kali
menciptakan mobil ? Apakah Gottlieb Daimler atau Carl Benz ?
Berikut adalah garis besar singkat tentang perjalanan sejarah mesin pembakaran internal mencakup berikut :
1680 - fisikawan Belanda, Huygens Kristen merancang (tapi tidak pernah
dibangun) mesin pembakaran internal yang harus didorong dengan bubuk
mesiu.
1807 - Francois Isaac de Rivaz dari Swiss menemukan sebuah mesin
pembakaran internal yang menggunakan campuran hidrogen dan oksigen untuk
bahan bakar.
1824 - insinyur Inggris, Samuel Brown mengadaptasi mesin uap Newcomen untuk membakar gas.
1858 - Insinyur kelahiran Belgia, Jean JosephÉtienne Lenoir metemukan dan mempatenkan pada tahun 1860 "double-acting".
1862 - Alphonse Beau de Rochas, insinyur sipil Prancis, mempatenkan
tetapi tidak membangun sebuah mesin empat langkah (paten # 52593
Prancis, 16 Januari 1862).
1864 - insinyur Austria, Siegfried Marcus, membangun sebuah mesin satu
silinder dengan karburator. Beberapa tahun kemudian, Marcus merancang
sebuah kendaraan yang yang dapat berjalan sampai 10 mph. Beberapa
sejarawan telah dianggap penemuan ini sebagai pendahulu dari mobil
modern dengan menggunakan bahan bakar bensin.
1873 - George Brayton, seorang insinyur Amerika, mengembangkan sebuah mesin dua-langkah.
1866 - insinyur Jerman, Eugen Langen dan Nikolaus August Otto
mengembangkan desain Lenoir dan desain de Rochas dan menciptakan mesin
gas yang lebih efisien.
1876 - Nikolaus August Otto menemukan dan kemudian mematenkan mesin empat-langkah yang sukses, dikenal sebagai "Otto Cycle".
1876 - Keberhasilan pertama mesin dua-langkah yang diciptakan oleh Sir Dougald Clerk.
1883 - insinyur Perancis, Edouard Delamare-Debouteville, membangun sebuah mesin silinder tunggal empat-langkah.
1885 - Gottlieb Daimler menemukan apa yang sering diakui sebagai
prototipe dari mesin berbahan bakar yang moderen, dengan silinder
vertikal, dengan bensin disuplai melalui karburator (dipatenkan pada
tahun 1887). Daimler pertama kali dibangun sebuah kendaraan roda dua
yang "Reitwagen". Dengan mesin ini setahun kemudian dibangun kendaraan
roda empat bermotor pertama di dunia.
1886 - Pada tanggal 29 Januari, Karl Benz menerima paten pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar.
1890 - Wilhelm Maybach membangun mesin empat-langkah empat silinder pertama.
Add caption |
Add caption |
Kendaraan
ini bernama 'La Marquise' dibuat pada tahun 1884 oleh Georges Bouton
dan Charles-Armand . Kendaraan ini merupakan pesanan pengusaha Prancis
Count de Dion, Mobil ini di bekali dua mesin uap dan tangki air
berkapasitas 151 liter air yang dapat menjalankan kendaraan ini dengan
jarak 32 km dengan kecepatan maksimal 61 km/jam.
Desain mesin dan desain mobil adalah kegiatan yang tidak terpisahkan,
hampir semua desainer mesin yang disebutkan di atas juga merancang
mobil, dan beberapa kemudian menjadi produsen utama mobil.
Salah satu
landmark yang paling penting dalam desain mesin berasal dari Nikolaus
August Otto, yang pada tahun 1876 menciptakan sebuah mesin bahan bakar
yang efektif.
Add caption |
Otto yang pertama mempraktekan mesin pembakaran internal
empat-langkah yang disebut "Otto Cycle Engine" dan segera setelah dia
menyelesaikan mesin tersebut, dia membuatnya menjadi mesin pada sebuah
sepeda motor. Kontribusi Otto sangat signifikan, itu adalah mesin
empat-langkah yang secara universal diadopsi untuk semua mobil berbahan
bakar cair setelahnya. Selanjutnya bisa dibaca tentang Sejarah Penemuan Mobil Pertama.
Pada tahun 1885, insinyur mekanik terkenal Jerman, Carl Benz membangun
dan merancang mobil praktis pertama di dunia yang menggunakan mesin
pembakaran internal. Pada tanggal 29 Januari 1886, Benz menerima paten
pertama (DRP No 37.435) untuk mobil berbahan bakar. Ini adalah mobil
dengan tiga roda. Benz membangun mobil empat roda pertamanya pada tahun
1891. Benz adalah penemu pertama untuk mengintegrasikan mesin
pembakaran internal dengan chassis dan merancang keduanya bersama-sama.
Dan pada tahun 1885, Gottlieb Daimler bersama dengan mitranya Wilhelm
Maybach, mengacu pada mesin pembakaran internal Otto dan menciptakannya
selangkah lebih maju dan dipatenkan, apa yang umumnya diakui sebagai
prototipe dari mesin bahan bakar moderen.
Pada 1885 Daimler-Maybach mesin yang diciptakan kecil, ringan, cepat,
menggunakan karburator bensin, dan memiliki silinder vertikal. Ukuran,
kecepatan, dan efisiensi dari mesin memungkinkan untuk sebuah revolusi
dalam desain mobil. Daimler yang dianggap sebagai penemu pertama yang
menciptakan mesin pembakaran internal praktis.
Add caption |
Pada tahun 1889, Daimler dan Maybach membangun mobil pertama mereka, mereka tidak beradaptasi kendaraan lain seperti yang mereka selalu lakukan sebelumnya. Mobil baru Daimler memiliki transmisi empat kecepatan dan kecepatan yang dicapai 10 mph. Daimler mendirikan Daimler Motoren-Gesellschaft pada tahun 1890 untuk memproduksi desainnya. Sebelas tahun kemudian, Wilhelm Maybach membuat mobil Mercedes.
Baca juga artikel :
- Sejarah Mobil Kepresidenan Era Soekarno
- Test Drive Nissan Serena C26
Tidak ada komentar:
Posting Komentar