Add caption |
Cara pengoperasiannya :
Matic anda tinggal injak pedal gas atau injak rem , hanya dengan satu
kaki yakni kaki kanan , jangan sekali-kali menggunakan dua kaki seperti
mobil manual. Pada mobil dengan trarnsmisi manual , kedua kaki anda
aktif, kaki kiri untuk menginjak pedal kopling, kaki kanan untuk
menginjak rem atau gas.
Jadi pada mobil matic, kaki kiri anda
bebas sama sekali, sedang tangan kiri anda juga bebas , kecuali anda
mundur , parkir, dan pertama kali bergerak maju.
Artikel terkait tentang TIPS OTOMOTIF, METODE DEFENSIVE DRIVE NISSAN
Artikel terkait tentang TIPS OTOMOTIF, METODE DEFENSIVE DRIVE NISSAN
Sistem kerja dari versnelling matic dan manual, ada beberapa perbedaan ,
tetapi yang inti adalah pada sistem matic perpindahan gigi diatur oleh
ECU ( sistem matic sekarang yg sudah canggih)
Matic atau Transmisi kecepatan automatic
, fungsi kecepatan putaran disesuaikan secara automatic dengan putaran
mesin atau di jalan menurun dengan putaran mesin rendah , oleh karena
ada gaya dorong dari berat kendaraan sehingga akan terjadi percepatan
secara automatic.
Pada transmisi manual, fungsi kecepatan kendaraan
disesuaikan dengan putaran mesin dan diatur secara manual dan bertahap,
pada jalan menurun dengan putaran mesin rendah transmisi manual dapat
menjadi alat bantu pengereman atau menahan laju kenderaan. Kenderaan
matic simple dan pemakaian kampas rem agak berlebih , hati-hati pada
jalan licin dan berlumpur.
Perbedaan Yang Paling Jelas Adalah :
Mobil matic merubah rasio transmisi daya
dari mesin menuju ke roda secara otomatis untuk meningkatkan kenyamanan
pengemudi maupun penumpang. sedangkan Mobil manual memungkinkan
pengemudinya untuk mengatur sendiri rasio putaran mesin terhadap roda
untuk mendapatkan laju mobil yang diinginkan.
Berikut Penjelasan Singkatnya :
Pada mobil matic, perpindahan rasio
transmisi dikerjakan oleh sistem robotik dengan memperhitungkan berbagai
parameter. diantaranya, putaran mesin, pijakan pedal gas, kecepatan,
dan parameter yang lainnya. jadi, pengemudi tidak lagi diributkan dengan
takometer, speedometer, pedal kopling dan 4 hingga 6 tingkat percepatan
saat melaju di jalanan. pengemudi hanya perlu memindahkan tuas
trasnsmisi pada posisi ‘D’ dan injak pedal gas sejak mobil berhenti
hingga kecepatan maksimal dari mobil tersebut.
Pada mobil manual, rasio perbandingan putaran antara mesin dan roda
diatur oleh barisan roda gigi yang memiliki rasio berbeda-beda didalam
sebuah box transmisi. dari dalam transmisi tersebut, terdapat tuas yang
biasa anda gerakkan ketika anda ingin menambah gigi untuk mendapatkan
rasio yang lebih berat saat berakselerasi. tuas tersebut mengatur
pasangan roda gigi mana yang digunakan pada tiap-tiap tingkat percepatan
yang dipilih oleh pengemudi. jadi pengemudi harus berkonsentrasi pada
putaran mesin dan memindahkan gigi transmisi disaat yang tepat untuk
melakukan akselerasi mulai berhenti hingga kecepatan yang diinginkan.
Itulah perbedaan mendasar pada mobil manual dan mobil matic.
Tambahan :
Add caption |
Ada juga sistem transmisi semi otomatis.
dimana perpindahan gigi dilakukan oleh aktuator robotik. akan tetapi
pemilihan percepatan tetap diserahkan pada pengemudi. Dengan demikian
perpindahan rasio dapat terjadi dengan cepat dan halus, akan tetapi
performa mesin masih dapat dikail hingga RPM mesin yang diinginkan
dengan memilih tingkatan rasio secara manual.
Contoh mobil dengan transmisi semi otomatis :
- Nissan GT-R
- Mitsubishi Lancer Evolution X
mobil matic tidak ada pedal clutch
karena itu kaki kiri kita tidak perlu menginjak. ini sangat membantu
orang yang cacat atau lumpuh sebelah kaki (terutama kaki kiri, untuk
stir kanan).sedangkan mobil manual harus menggunakan kedua kaki, yakni
kaki kiri untuk injak pedal clutch dan kaki kanan injak pedal gas atau
rem.untuk persnelling mobil matic bekerja secara otomatis pada setiap
pencapaian kecepatan dan pengoperasiannya hanya mengikuti kondisi
jalan.Sedangkan mobil manual menggerakkan persnelling diikuti
penginjakan pedal clutch.
Add caption |
Mobil manual menggunakan sistem
transmisi yang digerakan oleh manusia. Jadi manusia sebagai sumber utama
penggerak transmisi. Mobil matic menggunakan sistem transmisi matic
yang digerakan otomatis oleh mesin itu sendiri. Jadi didalam mesin mobil
tsb sistem kopling dan transmisi bekerja otomatis karena ada komponen
yang jumlahnya lumaya banyak yaitu sbb :
1. Torque Konverter
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
2. Stator
3. Turbine
4. Manual shift linkage
5. valve body
6. oli ATF
7. clutch
8. gir planetary (CVT)
9. DLL…
kalau mobil manual sistem transmisinya sedikit :
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
1. rumah kopling
2. kampas kopling
3. plat kopling
4. dll…
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar