Sejarah Panjang Kelahiran Jip sebagai Kendaraan Militer
Jip Militer Pasukan AD Indonesia |
Pada masa lalu, mobil jip (jeep) identik dengan kendaraan perang. Itu tidak mengherankan karena jip memang pertama kali dibuat untuk keperluan perang. Jika orang berbicara mengenai jip, maka orang selalu mengacu kepada jip Willys buatan Amerika Serikat yang pertama kali muncul tahun 1941.
Padahal, tahun 1939, ketika Angkatan Darat (AD) Amerika Serikat membuka tender bagi 135 perusahaan mobil di dalam negeri untuk membuat kendaraan khusus bagi keperluan militer, Jerman sudah dua tahun memiliki kendaraan yang memenuhi spesifikasi sebuah kendaraan perang.
Tahun 1937, Mercedes Benz mengeluarkan G5, yang merupakan kendaraan berpenggerak 4 roda (4 x 4, atau 4 wheel drive), ke-4 rodanya bisa dikemudikan (4 wheel steering), dan menggunakan suspensi independen pada roda depan dan belakang. G5 menggunakan mesin 4 silinder segaris yang menghasilkan daya 48 PK (paardekracht, daya kuda).
Baca juga info tentang MOBIL KEPRESIDENAN ERA SOEKARNO sebagai bagian sejarah otomotif di Indonesia.
Baca juga info tentang MOBIL KEPRESIDENAN ERA SOEKARNO sebagai bagian sejarah otomotif di Indonesia.
Jeap Militer |
Pada saat yang sama, BMW pun mengeluarkan 325, yang bentuk dan spesifikasinya mirip dengan G5. Kemiripan itu tidak terjadi begitu saja, karena sejak tahun 1933 AD Jerman memerintahkan semua pabrik mobil di negara itu membuat kendaraan penumpang berpenggerak 4 roda yang sama (seragam). Perbedaannya hanyalah BMW menggunakan mesin 6 silinder segaris yang menghasilkan daya 50 PK pada 4.000 putaran mesin per menit (rpm).
Jeap Perang Dunia |
Perintah AD Jerman pada tahun 1933 itu membuat Mercedes Benz segera memodifikasi kendaraan lintas alam (cross country)-nya, yang dikenal dengan nama G-Class atau kependekan dari Gelaendewagen (yang padanan dalam bahasa Inggrisnya, land cruiser).
Mercedes Benz pertama kali muncul dengan kendaraan lintas alam yang yang diberi nama G1 pada tahun 1926. Kendaraan itu bentuknya mirip truk dan menggunakan 6 roda. Tujuh tahun kemudian, tahun 1933, Mercedes Benz muncul G4 yang bentuknya mirip jip long chassis, tetapi tetap masih menggunakan 6 roda. G4 ini kemudian dikembangkan lagi, dan muncullah kendaraan beroda 4 yang berbentuk jip dan dinamakan G5.
Mobil Militer Amphibi Jerman |
Namun, setelah Jerman memulai Perang Dunia II dengan menyerbu Cekoslovakia pada tahun 1939, membuat kebutuhan akan kendaraan perang meningkat drastis. Hal itu menjadikan Hitler, Kanselir Jerman, memerintahkan Ferdinand Porsche (yang pada tahun 1933 diminta untuk membuat mobil rakyat) untuk mendesain kendaraan tempur.
Ferdinand Porsche bergerak cepat. Prototipe mobil rakyatnya, KdF, yang di belakang hari populer dengan nama Volkswagen Beetle, langsung dimodifikasi menjadi mobil tempur di pabrik KdF Wagen. Dan, pada tahun 1939 itu pula, lahirlah Type 82 yang diberi nama Kuebelwagen (mobil tangki, atau mobil ember).
Mobil Amphibi |
Tidak heran jika mobil tempur ala Ferdinand Porsche itu berbasis sama dengan Volkswagen Beetle, yakni menggunakan mesin 1.131 cc, 4 silinder, berpendingin udara, dan diletakkan di bagian belakang mobil. Namun, karena Kuebelwagen dibuat untuk keperluan militer maka ketinggian kendaraan dari permukaan tanah (ground clearance) dinaikkan, dan sisi kiri dan kanan mobil dibuat datar agar mudah diproduksi. Bentuknya sekilas mirip Volkswagen Safari, yang pada akhir tahun 1970-an banyak di temui di Indonesia.
Berbeda dengan Mercedes Benz G5 dan BMW 325, Kuebelwagen bukanlah kendaraan berpenggerak 4 roda. Penggerak 4 rodanya hanya berfungsi saat gigi persneling berada dalam posisi 1.
Beberapa prototipe dikirim ke Polandia untuk mengikuti tes lapangan yang dilakukan oleh divisi panser. Dan, Kuebelwagen dinilai mudah dikemudikan dan kinerja lintas alamnya cukup baik. Beberapa perwira sempat meragukan kemampuan kendaraan kecil dengan mesin di belakang yang tidak menggunakan penggerak 4 roda itu. Namun, mereka salah, Kuebelwagen menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan dan paling dikenal dalam Perang Dunia II.
Mobil Legenda Tentara Nazi Jerman |
Semasa Jenderal Rommel memegang komando di Afrika, Kuebelwagen membuktikan keandalan di padang pasir. Demikian juga, saat digunakan untuk melintasi medan berlumpur dan bersalju saat Jerman menyerbu Rusia. Bobotnya yang ringan menjadikan Kuebelwagen tidak mudah kandas di medan berlumpur, kalaupun kandas hanya diperlukan dua orang untuk mengatasinya.
Dalam Perang Dunia II itu, pabrik KdF Wagen yang membuat Kuebelwagen juga membuat kendaraan amfibi, Tipe 128 dan Tipe 166, yang diberi nama Schwimmwagen (mobil berenang). Mobil amfibi itu menyandang mesin 25 PK untuk bergerak di darat, dan untuk bergerak di air, pada bagian belakang mobil dilengkapi dengan propeler yang bisa dilipat. Dengan menggunakan propeler itu, mobil amfibi itu bisa bergerak dengan kecepatan 6 kilometer per jam. Dan, di dalam air, mobil itu bisa dikemudikan dengan membelokkan roda depan ke kiri atau ke kanan.
Selama Perang Dunia II berlangsung sebanyak 52.018 unit Kuebelwagen dan 14.276 unit Schwimmwagen diproduksi di pabrik KdF Wagen, di kota yang kini dikenal dengan nama Wolfsburg.
***
PADA tahun 1939, di saat Hitler meminta Ferdinand Porsche untuk juga membuat kendaraan perang, di Amerika Serikat pun, AD membuka tender bagi 135 perusahaan mobil di negara itu untuk membuat kendaraan khusus bagi keperluan militer.AD Amerika Serikat tidak menentukan bentuk dari kendaraan perang itu. Persyaratannya hanyalah daya muat kendaraan itu 600 lbs (273,15kilogram), jarak roda depan-belakang (wheelbase) tidak melebihi 75 inci (1,9 meter), kaca depan dapat dilipat (direbahkan ke depan), berat kotor 1.200 lbs (544,31 kilogram), dan harus berpenggerak 4 roda.
***
PADA tahun 1939, di saat Hitler meminta Ferdinand Porsche untuk juga membuat kendaraan perang, di Amerika Serikat pun, AD membuka tender bagi 135 perusahaan mobil di negara itu untuk membuat kendaraan khusus bagi keperluan militer.AD Amerika Serikat tidak menentukan bentuk dari kendaraan perang itu. Persyaratannya hanyalah daya muat kendaraan itu 600 lbs (273,15kilogram), jarak roda depan-belakang (wheelbase) tidak melebihi 75 inci (1,9 meter), kaca depan dapat dilipat (direbahkan ke depan), berat kotor 1.200 lbs (544,31 kilogram), dan harus berpenggerak 4 roda.
Modifikasi Mobil dan Tank |
Dari seluruh perusahaan yang diundang, hanya tiga yang memenuhi persyaratan, yakni Bantam, Willys Overland, dan Ford. Dan, 23 September 1940, sesuai dengan deadline yang diberikan AD Amerika Serikat, Bantam muncul dengan prototipe kendaraan perang yang diberi nama Blitz Buggy. Tanggal 11 November 1940, Willys muncul dengan Quad, diikuti dengan Ford yang muncul dengan Pigmy tanggal 23 November 1940. Bentuk ketiga prototipe itu mirip satu sama lain. Itu karena Willys dan Ford mendapatkan akses penuh terhadap prototipe Bantam.
Blitz Buggy dianggap terlampau tinggi dari permukaan tanah dan mesinnya kurang bertenaga. Quad terlalu berat, tetapi tenaga mesinnya besar. Pigmy mudah dikemudikan, tetapi tenaga mesinnya terlalu lemah.AD Amerika Serikat akhirnya memilih Quad yang bertenaga paling besar. Mesin "Go Devil" mempunyai daya (kekuatan) 60 PK dan torsi maksimum 14,5 kilogram-meter (kg-m) atau 145 Newton-meter (Nm), di atas standar AD Amerika Serikat (12 kg-m). Torsi maksimum Blitz Buggy dan Pigmy hanya 11 kg-m.
Selain itu, Willys juga memberi penawaran termurah, yakni 739 dollar AS. Kelemahan Quad hanyalah bobotnya terlalu berat, yakni 1.089 kilogram. Blitz Buggy hanya 922 kilogram. Padahal berat yang dipersyaratan adalah 544,31 kilogram. Akhirnya diambil jalan tengah dan diputuskan untuk menurunkan beratnya sampai 981 kilogram.
Tahun 1941, Willys muncul dengan MB yang merupakan versi perbaikan. Namun, mengingat AD Amerika Serikat memerlukan kendaraan perang dalam jumlah yang sangat banyak, maka Bantam dan Ford pun diminta untuk membuat kendaraan perang sesuai dengan spesifikasi Willys.
Tahun 1941, Willys muncul dengan MB yang merupakan versi perbaikan. Namun, mengingat AD Amerika Serikat memerlukan kendaraan perang dalam jumlah yang sangat banyak, maka Bantam dan Ford pun diminta untuk membuat kendaraan perang sesuai dengan spesifikasi Willys.
Willys menamakan kendaraan perang yang dibuatnya MA dan MB, Ford menamakannya GP dan GPW, sedangkan Bantam menamakannya Bantam BRC-40. Tidak diketahui mengapa dan kapan persis kendaraan perang itu dinamakan jeep (jip). Banyak yang menganggap bahwa nama itu muncul dari Ford GP (baca: ji-pi). Bahkan, tidak sedikit yang percaya bahwa huruf GP itu merupakan singkatan dari general purpose (serba guna). Padahal huruf G itu adalah singkatan dari government, dan P itu untuk menunjukkan bahwa kendaraan itu dari kelas P, yang wheelbase-nya 80 inci (2 meter), berpenggerak 4 roda, dan beratnya 250 kilogram.
Dalam perkembangan selanjutnya, sempat dibuat jip yang kedap air (waterproof). Bahkan, Ford pada tahun 1942 membuat jip amfibi yang diberi nama Seep. Sosok Seep persis jip yang bagian bawahnya berbentuk seperti kapal, dan di bagian belakangnya diberikan propeler. Di dalam air, keempat roda dilipat dan propeler difungsikan. Pada tahun 1950, Half Safe, yang merupakan modifikasi canggih dari Seep, berhasil menyeberangi Atlantik.
Pada tahun 1941 itu juga, kendaraan perang AD Amerika Serikat dikirimkan ke negara-negara Sekutu. Sebanyak 1.000 unit Bantam BRC-40 dibuat untuk AD Rusia. Sejak tahun 1938, Rusia sesungguhnya telah membuat beberapa prototipe kendaraan tempur, tetapi bentuknya lebih mirip panser kecil. Setelah mendapatkan Bantam, maka pada tahun 1943
Rusia mengeluarkan GAZ 67, yang sosoknya merupakan perpaduan antara Mercedes Benz G5 dan Bantam.
Rusia mengeluarkan GAZ 67, yang sosoknya merupakan perpaduan antara Mercedes Benz G5 dan Bantam.
GAZ 67 diklaim Rusia kinerjanya di medan offroad lebih baik daripada Bantam, Willys, dan Ford. Namun, sayangnya GAZ 67 sangat lahap dalam mengonsumsi bensin. Untuk menempuh perjalanan sejauh 1 kilometer diperlukan setengah liter bensin.
***
KEKALAHAN Jerman dalam Perang Dunia II pada tahun 1945, sekaligus menghentikan pembuatan jip di negara itu. Setelah menyerah kepada tentara Sekutu, nasib bangsa Jerman ditentukan sepenuhnya oleh Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Rusia).
***
KEKALAHAN Jerman dalam Perang Dunia II pada tahun 1945, sekaligus menghentikan pembuatan jip di negara itu. Setelah menyerah kepada tentara Sekutu, nasib bangsa Jerman ditentukan sepenuhnya oleh Sekutu (Amerika Serikat, Inggris, Perancis, dan Rusia).
Jerman dibagi ke dalam empat sektor, yakni sektor Amerika Serikat, sektor Inggris, sektor Perancis, dan sektor Rusia. Belakangan sektor Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis digabung menjadi Jerman Barat dan sektor Rusia menjadi Jerman Timur.
Pabrik KdF Wagen, yang tiga perempat bagiannya rusak akibat pengeboman pasukan Sekutu, berada di sektor yang dikuasai tentara Inggris yang dipimpin Mayor Ivan Hirst. Dengan bantuan Pemerintah Inggris, pabrik KdF Wagen diperbaiki, dan mulai memproduksi mobil kembali dari komponen-komponen yang ada di pabrik itu.
Mobil Militer Nazi Jerman |
Setelah tahun 1945, Inggris menamakan perusahaan yang mengelola pabrik itu Volkswagen, dan kota di tempat perusahaan itu berada diberi nama Wolfsburg, sesuai dengan nama Puri yang terdapat di kota itu.
Inggris kemudian menawarkan pengelolaan perusahaan mobil Volkswagen ke tangan yang dianggapnya lebih kompeten. Namun, perusahaan mobil Amerika Serikat, Ford, menolak karena menganggap hal itu sebagai hanya membuang-buang saja. Pemerintah Perancis pun menolak. Tahun 1948, Pemerintah Inggris menunjuk Heinrich Nordhoff sebagai Eksekutif Senior Volkswagen, dan kemudian menyerahkan kembali perusahaan mobil Volkswagen kepada Pemerintah Jerman Barat.
SETELAH Perang Dunia II selesai, muncullah jip untuk kalangan sipil, yakni CJ yang merupakan singkatan dari civilian jeep. Tahun 1945, Willys meluncurkan CJ2 dan CJ3. Bahkan, Willys tidak lagi hanya diproduksi di Amerika Serikat, tetapi juga diproduksi di negara lain dengan lisensi. Di Perancis, Willys muncul tahun 1950 dan tahun 1955, masing-masing dengan nama Delahaye dan Hotchkiss. Di Jepang, Willys muncul dengan nama Mitsubishi Jeep J3 tahun 1953. Di Taiwan, jip Willys muncul tahun 1956.
Mobil Perang Dunia Pasukan Sekutu |
Pada saat yang bersamaan, juga muncul jip-jip lain. Di Jepang, muncul Toyota Land Cruiser FJ21 (1952) dan Nissan Patrol (1950-an), di Inggris muncul Land Rover (1948), dan di Italia muncul jip Fiat Campagnola (1951).Di Jerman, pembuatan jip praktis berhenti. Tahun 1969, Volkswagen mengeluarkan Tipe 181, yang populer di Indonesia dengan nama Volkswagen Safari. Mercedes Benz kembali membuat jip pada tahun 1979, ketika meluncurkan mobil G-Class, yakni 230G, 240GD, 280GE, dan 300GD. Dan, tahun 1997, Mercedes Benz juga melangkah ke kelas sport utility vehicle (SUV), yakni mobil yang memiliki kemampuan jip dan kenyamanan sebuah sedan.
Sementara itu, BMW sejak Perang Dunia II tidak pernah lagi membuat jip. BMW langsung melangkah ke kelas SUV. Pada tahun 1999, BMW muncul dengan X5.
Setelah Volkswagen meningkatkan produk-produknya dari mobil rakyat menjadi mobil papan tengah (Golf dan Passat Baru) dan papan atas (Passat W8 dan Phaeton W12), Volkswagen juga mengeluarkan SUV, yakni Touareg.
Volkswagen Touareg baru akan diperkenalkan kepada umum di 2002 Paris Auto Show, bulan September mendatang. Touareg muncul dengan mesin bensin 3.2 Liter (3.189 cc) V6 (241 PK) dan mesin diesel 5.0 TDi Liter V8 (313 PK).
Dalam
angkatan bersenjata Amerika Serikat sendiri, peran jip sebagai
kendaraan tempur diakhiri pada tahun 1983. Tahun 1979, angkatan
bersenjata Amerika Serikat membuka tender bagi pembuatan kendaraan
tempur baru mereka.
Maka, lahirlah High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle (HMMWV) yang akrab dengan nama Hum-vee. Dan, kendara-an itu memulai debutnya dalam Perang Teluk antara pasukan multinasional di bawah pimpinan Amerika serikat melawan Irak pada tahun 1991.(JL)
Baca juga info tentang TEKNOLOGI MESIN 1500 CC NISSAN yang bertenaga dahsyat.
Artikel ini dimuat di harian
Kompas, 23 Juli 2002, halaman 34
UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN NISSAN & DATSUN HUBUNGI :
Baca juga info tentang TEKNOLOGI MESIN 1500 CC NISSAN yang bertenaga dahsyat.
Artikel ini dimuat di harian
Kompas, 23 Juli 2002, halaman 34
UNTUK INFORMASI DAN PEMESANAN NISSAN & DATSUN HUBUNGI :
IWAN P
HP : 0857 7037 2398
Esia : 021 986 11038
pin BB : 7ED02097Harga mobil NISSAN - Silahkan KLIK disini...! |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar