INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Kamis, 09 Oktober 2014

DEALER NISSAN JAKARTA - INFO OTOMOTIF, SEJARAH RODA DAN BAN KENDARAAN


Adanya roda  merupakan penemuan yang sangat bermanfaat untuk mausia. Perhatikan semua benda di sekeliling kalian, adakah yang memiliki roda? Mobil, motor, sepeda, bus, truk, becak, kereta kuda, semua memiliki roda untuk bergerak. Hampir setiap mesin, setiap peralatan, setiap benda buatan manusia, langsung atau tidak langsung, mempunyai kaitan dengan roda.

Roda adalah suatu benda yang berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir/ berputar. Roda merupakan salah satu penemuan terbesar manusia yang amat bermanfaat. Bayangkan, dengan roda, semua pekerjaan menjadi lebih mudah. Artikel terkait tentang 10 Cara Perawatan Ban Mobil.

Sejarah roda dimulai dari jaman Mesopotamia pada tahun 3000 SM, lalu berturut-turut muncul juga di China, Arab, Eropa dan belahan dunia lainnya. Perkembangan roda dimulai dari bentuk sederhana berupa balok kayu yang digulingkan, kemudian roda diubah menjadi potongan melintang balok kayu, roda bundar utuh dengan pasak di tengahnya, hingga roda berjari-jari. Seiring dengan perkembangan jaman, roda sendiri juga terus-menerus mengalami perbaikan. Bagian tengah roda diganti menjadi menggunakan besi sehingga memberikan kekuatan yang luar biasa pada roda.

Roda mempunyai banyak ukuran dan jenis, ada yang terbuat dari besi, kayu, karet dan ada juga yang gabungan dari beberapa jenis bahan. Penggunaan karet adalah untuk menjaga kenyamanan pengguna kendaraan, dan juga menjaga ”roda” itu sendiri supaya tidak cepat rusak terguncang-guncang. Roda yang terbuat dari karet ini biasanya di sebut dengan “ban”. Agar lebih nyaman, ban diisi dengan udara dengan cara dipompakan ke dalamnya. Perlu diperhatikan juga Jadual Rutin Perawatan Kendaraan.

Ada dua jenis roda atau disebut juga ban yang diisi udara, yaitu :
  1. Yang terdiri dari ban luar dan ban dalam, dimana ban dalam berbentuk tabung melingkar yang dapat di pompakan udara ke dalamnya dan menempati ban luar.
  2. Ban tubeless, yaitu yang hanya terdiri dari ban luar yang dapat langsung di pompa udara.
Ban ini tidak berdiri sendiri, dia memerlukan tempat ”bertengger” yaitu yang disebut velg atau peleg. Peleg ini lah yang menjaga bentuk ban dan menghubungkannya dengan poros agar roda bisa berputar. Nah, sekarang coba kalian amati roda seperti apakah yang kalian miliki di rumah?? Terbuat dari apakah roda-roda tersebut?? Okeh, selamat mengamati…

Dari berbagai sumber



Artikel lainnya :
- Sejarah Mobil Kepresidenan Era Soekarno
 
 
INFO PROMO DAN HARGA MOBIL BARU DEALER NISSAN JAKARTA TANGERANG - DEPOK - BEKASI - INFO OTOMOTIF, SEJARAH RODA DAN BAN KENDARAAN
Add caption



Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman