INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Jumat, 26 Desember 2014

PROMO HARGA NISSAN - TIPS OTOMOTIF, JADUAL PERAWATAN RUTIN KENDARAAN


INFO PROMO HARGA MOBIL BARU DEALER NISSAN JAKARTA - TIPS OTOMOTIF, JADUAL PERAWATAN RUTIN KENDARAAN
Add caption
Perawatan rutin kendaraan, mulai dari jangka pendek (harian), menengah (mingguan) sampai perawatan jangka panjang (bulanan), sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama dan biaya mahal. “Asal mau menyediakan sedikit waktu dan rutin, kendaraan akan enak diajak jalan-jalan dan hati tidak merasa was-was,” tutur Didi Musdianto, Kepala Bengkel Nissan Puri Indah, Jakarta Barat. Lalu apa yang mesti dilakukan?

Berikut Jadual Perawatan Rutin Kendaraan Harian, Mingguan dan Bulanan : Baca juga informasi tentang Cara Perawatan Mobil Yang Baik dan Benar.


HARIAN
1. Tiap pagi sebelum berangkat beraktivitas, tengoklah kondisi ban. Apakah tekanan anginnya masih cukup atau kempis. Jika kurang angin, segeralah tambah angin. Lakukan ini pada keempat ban mobil Anda.


2. Jika tekanan ban tak masalah, tengoklah kolong mobil. Apakah ada tetesan oli atau cairan lain di lantai di bawah mobil. Apabila ada tetesan oli misalnya, tandai posisinya, apakah dari oli mesin atau oli tranmisi. Tetesan oli transmisi atau mesin itu pertanda ada kebocoran. Solusinya untuk sementara, tambahkan oli tersebut. Namun yang paling bagus, bergegaslah ke bengkel. Jika tetesan itu berupa air radiator, berarti ada kemungkinan sistem pendingin mesin mengalami kebocoran.


3. Cek jumlah air radiator, baik di dalam radiator juga di tabung reservoir. Tambahkan jika kurang.


4. Oli mesin juga wajib ditengok. Tarik dipstick  dan lihat apakah ktinggian oli masih dalam batas normal. Tambahi jika kurang sampai di antara batas minimal dan maksimal.


5. Cek fungsi semua lampu, mulai dari lampu depan, belakang dan lampu sein. Jangan anggap sepele peran lampu karena inilah salah satu alat komunikasi Anda dengan pengendara lain. Kecelakaan bisa berawal dari problem di lampu.


6. Cek fungsi lampu indikator di dasbor. Apakah ada lampu-lampu indikator yang nyala atau tidak. Bagaimana petunjuk tekanan oli atau petunjuk temperatur?  

Untuk lengkapnya bisa dibaca link berikut TIPS OTOMOTIF, 6 CARA PERAWATAN MOBIL PRIBADI.

MINGGUAN 
1. Pengecekan tekanan angin ban cukup dilakukan setiap minggu. Pastikan tekanan ban sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Biasanya besarnya tekanan angin ban ini tertera di pilar B di balik pintu pengemudi.


2. Kondisi aki juga perlu diperiksa seminggu sekali. Periksa ketinggian air aki, apakah masih di antara garis minimum dan maksimum. Jika kurang, tambahkan dengan air aki dengan kemasan biru. Bersihkan kepala aki jika terlihat kotor. Gunakan air mendidih dan sikat gigi jika di kepala aki terdapat garam hasil oksidasi.  

Silahkan dibaca juga artikel tentang CARA PERAWATAN AKI SUPAYA AWET.

BULANAN
1. Perawatan bulanan lebih ditekankan untuk bagian-bagian yang tak perlu terlalu sering diperiksa, misalnya filter udara. Bersihkan jika filter terlihat kotor.
Jangan anggap entang peran filter udara sebagai penyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Ibarat bulu hidung, jika saringan udara kotor, nafas kendaraan pun akan terengah-engah.

2. Sebulan sekali lakukan juga pembersihan kabin dengan teliti. Gunakan vacuum cleaner untuk mengisap debu di karpet dan bangku. Bersihkan kisi-kisi AC, dasbor, setir, tuas persneling dan bagian-bagian lain yang sering dipegang. Jika kabin sudah bersih, tak ada salahnya jika Anda memberi pewangi lembut yang membuat kabin makin nyaman.   

Baca juga artikel tentang 10 CARA PERAWATAN MESIN MOBIL pada link berikutnya. 

Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman