Artikel berikut ini adalah liputan dari wartawan Auto Bild yang melakukan liputan langsung di Jepang. Usai peluncuran perdana Nissan GT-R Nismo di 43rd Tokyo Motor Show,
Nissan Motor Co., Ltd mengajak Auto Bild bertandang ke Sirkuit Sodegaura
Forest Raceway yang berlokasi di Perfektur Chiba, Jepang. Tujuannya
untuk menjajal GT-R tercepat yang pernah diproduksi.
Tidak semua bagian sirkuit dipakai untuk pengujian, hanya bagian luar
sirkuit yang panjangnya sekitar 2 km saja. Walau begitu menunya tetap
menantang, ada tikungan 900 kanan, blind corner cepat kanan, tikungan S kecil, dan tikungan parabolik.
Artikel terkait mengenai Nissan GT-R Mobil Tercepat di Dunia.
Artikel terkait mengenai Nissan GT-R Mobil Tercepat di Dunia.
Begitu keluar pit lane, pedal gas
langsung dibejek habis. Mesin VR38DETT 3.800 cc yang bisa menghasilkan
tenaga 600 dk dan torsi puncak 652 Nm langsung menunjukkan
kebrutalannya. Punggung Auto Bild dipaksa menempel ketat ke jok carbon
Recaro.
Tikungan pertama dilahap dengan mudah karena kecepatan mobil baru 70
km/jam. Makanya begitu keluar tikungan tersebut pedal gas ditekan lebih
dalam lagi. Jarum speedometer bergerak cepat ke angka 140 km/jam. Turbo IHI yang diambil dari mobil GT3 tidak menunjukkan lag.
![]() |
Add caption |
Ketika mau masuk masuk tikungan S kecil, pedal rem diinjak cukup keras
hingga kecepatan 80 km/jam. Mobil dapat dengan mudah melahap tikungan
tersebut. Enggak ada gejala body roll. Maklum GT-R Nismo memakai suspensi Bilstein Damptronic, anti-roll bar belakang 17,3 mm, dan link suspensi depan terbaru.
![]() |
Add caption |
Tikungan parabolik sebelum straight bisa dilalui dengan kecepatan 90 km/jam. Harusnya bisa lebih cepat, ini karena Auto Bild
belum hafal racing line terbaik di bagian ini. Keluar dari tikungan ini
langsung bejek pedal gas, angka 160 km bisa dikail dengan mudah oleh
GT-R.
Namun, karena sudah dengan braking point tikungan pertama,
pedal rem mesti diinjak. Kali ini masuknya lebih cepat, sekitar 100
km/jam. Kembali sistem suspensi dan sasis GT-R menunjukkan kehebatannya,
ia sangat stabil melewati tikungan ini. Decitan ban Dunlop menjadi soundtrack tambahan di sini.
Setelah ini, hasil penaklukkan Auto Bild hampir sama. cuma pas di
bagian parabolik bisa naik ke 100 km/jam. Habis itu bendera finish
dikibarkan sebagai tanda untuk kembali ke pit. Padahal nafsu untuk
menjajal “The Godzilla” masih sangat tinggi. Baca juga informasi tentang Spesifikasi Nissan GT-R Nismo.
Artikel lainnya :
- 7 Ciri Sukses Dalam Diri Anda
Artikel lainnya :
- 7 Ciri Sukses Dalam Diri Anda
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar