INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Rabu, 26 Desember 2012

DEALER NISSAN JAKARTA - TIPS OTOMOTIF, CARA PERAWATAN PINTU GESER PADA MOBIL ANDA


HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN ADALAH KONDISI REL PINTU GESER

Perawatan pintu geser cukup sederhana, namun bukan berarti boleh disepelekan.


INFO PROMO HARGA MOBIL BARU DEALER NISSAN JAKARTA - TANGERANG - DEPOK - BEKASI - TIPS OTOMOTIF, CARA PERAWATAN PINTU GESER PADA MOBIL ANDA
Add caption
Salah satu alasan manufaktur memilih pintu geser (sliding door) untuk MPV yang mereka buat adalah kemudahan akses kabin. Mekanisme pintunya sendiri, bisa secara elektrik atau pun manual. Pintu memiliki rangkaian komponen yang tidak serumit mesin. Namun, seiring pemakaian dan umur, peranti ini juga perlu perawatan. Selain itu perlu juga diperhatikan 10 Cara Perawatan Mobil Yang Salah.

“Yang terpenting adalah menjaga kebersihan rel dan bearing. Dari beberapa keluhan yang kami terima, penyebab utamanya berasal dari macetnya pintu karena kondisi yang kurang bersih, sehingga berkarat,” jelas Sugandi, Kepala Bengkel Nissan TB.Simatupang, Jakarta Selatan. “Pada dasarnya, pintu dirancang untuk low maintenance. Maka dari itu, perawatannya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri.”


Untuk itu, bagi Anda yang memiliki mobil berpintu geser (sebagai contoh pada Nissan Evalia dan Serena), panduan berikut bisa menjaga kondisi pintu tetap prima. Sediakan juga cairan pembersih, gemuk, dan kain lap.


1. Perhatikan kondisi rel. Gunakan lap bersih yang telah disemprot cairan pembersih (pelumas semprot) untuk menghilangkan kotoran dan sisa pelumas.

2. Setelah rel dibersihkan, olesi rel dengan gemuk (pelumas pasta) yang mengandung parafin (hindari gemuk yang mengandung oli-karena justru akan memudahkan debu menempel).

3. Maju mundurkan pintu beberapa saat. Bila pintu terdengar gaduh atau berisik, hal ini disebabkan bearing kurang pelumasan.

4.  Bersihkan pula bearing yang kontak dengan rel.

5. Mekanisme pintu geser dirancang agar mudah tertutup sesaat setelah handle dioperasikan. Jadi, tak perlu banyak tenaga untuk menggerakkannya. Jika terlalu sering dibanting, mekanisme pengait bisa berumur pendek.  


Baca juga artikel lainnya :

- Cara Mencegah Karatan Pada Komponen Mobil

Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman