Add caption |
Perkembangan tekonologi di bidang otomotif sangat cepat. Nissan termasuk produsen yang fokus dalam pengembangan mesin efisien. Salah satunya dengan aplikasi teknologi transmisi Continuous Variable Transmission (CVT). Teknologi ini diyakini mampu meningkatkan kenyamanan berkendara dan membuat mesin bekerja lebih efisien.
Nissan juga mengembangkan teknologi mesin, seperti katup variabel berlabel Dual CVTC (Continously Variable-valve Timing Control) dan Dual Injector. Semua teknologi advanced tersebut sekarang dipakai oleh Nissan Grand Livina 1.5 XV A/T facelift.
Salah satu keunggulan transmisi CVT adalah pergerakan mobil yang halus tanpa perpindahan gigi. Dan itu sangat terasa pada Grand Livina ini.
Artikel terkait mengenai TEKNOLOGI NISSAN X-Tronic CVT LEBIH NYAMAN BERKENDARA
Artikel terkait mengenai TEKNOLOGI NISSAN X-Tronic CVT LEBIH NYAMAN BERKENDARA
Sinergi teknologi di atas sangat terasa saat di rute dalam kota. Sedikit sentuhan pada pedal gas,
putaran naik ke kisaran 1.500 rpm. Lebih dalam, putaran mesin akan naik
hingga sekitar 2.000 rpm. Mobil akan bergerak lebih cepat seiring
mengecilnya rasio sabuk baja CVT.
Tapi jika Anda ingin mengemudi irit, jangan tambah injakan pedal gas
saat 1.500 rpm. Perlahan putaran mesin akan turun hingga 1.250 rpm. Jika
kecepatan sudah dirasa cukup, kurangi sedikit lagi injakan pada pedal
gas dan mesin akan bekerja di 1.100 rpm.
Memang butuh kesabaran untuk dapat berkendara seperti itu. Namun gaya
mengemudi irit tersebut diberi ganjaran konsumsi BBM dalam kota 13,2
km/l. Setara dengan Mitsubishi Mirage bermesin kompak 1.200 cc 3-silinder CVT.
Bahkan, lebih baik dari konsumsi BBM Grand Livina lawas otomatis
4-speed yang hanya mencatat 13,9 km/l untuk rute kombinasi. Yang
berarti, catatan dalam kotanya berada di kisaran 10 km/l.
Meski demikian, gaya seperti ini sulit diterapkan di rute tol. Agar
dapat memenuhi target minimal kecepatan rata-rata di tol, pedal gas
harus diinjak lebih dalam. Mesin pun bekerja di rentang putaran
1.500-2.000 rpm. Bahkan menyentuh 2.500 rpm saat menanjak. Makanya,
konsumsi BBM tolnya ‘hanya’ 18,2 km/l. sedikit di bawah model lawas yang
mampu mencatat 18,4 km/l.
Kekurangan lain transmisi CVT adalah saat akselerasi. Begitu pedal gas
ditekan habis. Mesin meraung hingga 5.250 rpm. Mobil melesat seiring
berubahnya rasio sabuk baja. Di satu momen, putaran mesin naik ke 6.000
rpm dan tenaga kembali dikail via menurunnya rasio sabuk baja.
Metode ini mencatat waktu 13,6 detik untuk menuntaskan 0-100 km/jam.
Memang ada mode Sport. Tapi dalam beberapa kali pengujian, hasilnya
tidak lebih baik. Kami melihat mode Sport lebih diperuntukkan untuk
mengubah respons dan karakter mesin. Makanya, di putaran tengah, Grand
Livina terasa mengasyikkan saat diajak ‘bermain’.
Mengandalkan sistem lawas, sudah tidak ada yang perlu diubah dari
suspensi Grand Livina. Untuk sebuah MPV, ia terasa sangat nyaman.
Sanggup meredam goncangan dengan sangat baik. Pengendaliannya pun masih
terasa positif.
Di luar, perbedaan utama dari pendahulunya ada di desain lampu, gril,
dan bumper. Pelek dan spion samping turut mendapatkan sentuhan. Berikut
tambahan side body moulding di pintu. Di belakang, redesain paling
dominan terlihat pada lampu belakang LED memanjang yang tampak lebih
mewah. Bumper sporty adalah pelengkap.
Ke dalam, sentuhan paling kentara ada di panel instrumen dengan warna
latar merah dan lis krom mewah. Desain kemudi baru turut menyegarkan
rupa dasbor. Lengkap dengan dual airbags dan monitor atap untuk seluruh
tipe.
Berikut Spesifikasi dan harga Nissan pada Grand Livina XV CVT sbb :
Nissan Grand Livina 1.5 XV CVT |
Harga : Rp 218,2 juta
Mesin : 1.498 cc 4-inline
Tenaga maksimum : 109 dk/5.600 rpm
Torsi maksimum : 148 Nm/4.000 rpm
Transmisi Otomatis : CVT/FWD
Dimensi (P x L x T) : 4.420 x 1.690 x 1.595 mm
Wheelbase : 2.650 mm
Kapasitas tangki/Ban serep : 52 liter/Space saver
Ground Clearance : 175 mm
Ukuran ban : 185/65 R15
Bobot : 1.260 kg
|
PERFORMA |
0-100 km/jam : 13,59 detik
0-60 km/jam : 6,16 detik
60-80 km/jam : 3,20 detik
80-100 km/jam : 4,19 detik
100-120 km/jam : 5,64 detik
RPM @ 100 km/jam : 1.800 rpm rpm
Pengereman 100-0 km/jam : 36,89 meter
Konsumsi BBM dalam kota/tol : 13,2/18,2 km/l
CO idle/4.000 rpm : 0/0 %Vol
HC idle/4.000 rpm : 6/8 ppmVol
Teknologi : Katup variabel, Injektor BBM ganda, Transmisi CVT
|
FITUR |
Airbags/ABS/EBD/BA : 2/ada/ada/ada
Kontrol traksi/ESP : Tidak/tidak
AC climate control/dualzone/double blower : Tidak/tidak/ada
CD/MP3/DVD player/cup holder : Ada/ada/ada/3
Monitor/USB/Aux-In : Tidak/ada/ada
Tombol audio setir/cruise control : Tidak/ada
MID/voice command : Ada/tidak
Jok elektrik/heater/ECO Mode : Tidak/tidak/tidak
Launch control/suspension control : Tidak/tidak
Keyless entry/alarm/smart key/immobilizer : Tidak/ada/ada/ada
Setir adjustable reach/rake : Tidak/ada
Headlamp projector/auto leveling/HID : Tidak/tidak/tidak
Spion/pelipat elektrik/foglamp : Ada/ada/ada
Kamera parkir/sensor parkir/hujan/lampu : Tidak/ada/tidak/tidak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar