TIPS SALES - 14 :
Profesi sebagai seorang marketing
ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan
pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui.
Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan
setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus
dilakukan.
Apabila wawasan dan pengetahuan
sales sangat minim baik tentang teknik menjual, prospek, komunikasi, negosisai
pengetahuan produk, juga produk pesaing maka bisa dipastikan akan muntaber
(mundur tanpa berita) hehehe..yah kalau tidak capai target alamat dipecat, atau
terus menerus diomelin atasan.
Berikut adalah bahasan yang perlu
diketahui dan dipraktekkan oleh siapapun dan profesi apapun yang saat ini
dijalani yaitu mengenai :
Add caption |
PERBANYAK ORANG YANG ANDA KENAL
Mark Granovetter seorang sosiolog
pada tahun 1974 melakukan penelitian pada beberapa ratus professional dan
tenaga teknis di Newton, Boston.
Ia menemukan bahwa 56 % responden
mendapatkan pekerjaan melalui suatu hubungan pribadi, 18,8% menggunakan
cara-cara resmi-melalui iklan atau melalui penyalur tenaga kerja. Sedangkan
sekitar 20% melamar secara langsung.
Granovetter menemukan bahwa
diantara yang mempunyai hubungan pribadi tersebut, sebagian besar merupakan
“WEAK TIES” atau KONEKSI LEMAH.
Yang dimaksud dengan KONEKSI
LEMAH adalah hubungan yang terjalin tidaklah kuat, sederhananya KONEKSI LEMAH
itu adalah KENALAN, sedangkan KONEKSI KUAT adalah TEMAN.
Jadi kesimpulannya orang tidak
mendapatkan pekerjaan melalui teman, melainkan mereka mendapatkan pekerjaan
melalui KENALAN. Entah itu berasal satu kampung, satu tempat ibadah, pernah
sekolah / kuliah ditempat yang sama atau bergabung dalam komunitas yang sama.
Ternyata KENALAN adalah sumber
kekuatan sosial, sehingga makin banyak KENALAN anda, makin besar peluang untuk
mendapatkan kesempatan-kesempatan yang lebih besar.
Happy Selling,
Dedy Budiman
M.Pd
The Champion
Sales Trainer
CEO Jakarta
Sales Academy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar