Add caption |
Inilah versi tersangar dari sebuah Juke. Dapat dikatakan, Juke-R
merupakan jelmaan sportscar GT-R dengan penampilan Nissan Juke. Alhasil,
performa yang ditawarkan pun tak jauh berbeda dengan sportsar Nissan
tersebut. Bahkan Nissan mengklaim, sprint 0-100 km/jam hanya memerlukan
2,8 detik atau masih lebih cepat 0,1 detik dari data klaim Lamborghini
Aventador untuk akselerasi serupa.
Sayangnya, kondisi track tidak memungkinkan kami untuk melakukan uji akselerasi. Waktu yang sangat terbatas dengan banyaknya jumlah jurnalis yang ingin mencobanya, sedikit membuat kami kecewa. Apalagi Juke-R hanya diperbolehkan untuk mengitari hanya 1 lap saja.
Tapi ini tetap merupakan sebuah kesempatan yang langka, mengingat Juke-R hanya diproduksi sangat terbatas dan memiliki harga mulai US$ 665 ribu (Rp 7,3 miliar). Bahkan ia masih lebih mahal dari harga Nissan GT-R sekalipun.
Eforia ini pun sudah hadir sejak ia masuk dalam daftar unit yang dapat kami uji. Dapur pacu V6 twin turbo berkapasitas 3.800 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 545 dk. Terbayang kan, bagaimana performa yang akan ditawarkan Juke-R ini ?
Sayangnya, kondisi track tidak memungkinkan kami untuk melakukan uji akselerasi. Waktu yang sangat terbatas dengan banyaknya jumlah jurnalis yang ingin mencobanya, sedikit membuat kami kecewa. Apalagi Juke-R hanya diperbolehkan untuk mengitari hanya 1 lap saja.
Tapi ini tetap merupakan sebuah kesempatan yang langka, mengingat Juke-R hanya diproduksi sangat terbatas dan memiliki harga mulai US$ 665 ribu (Rp 7,3 miliar). Bahkan ia masih lebih mahal dari harga Nissan GT-R sekalipun.
Eforia ini pun sudah hadir sejak ia masuk dalam daftar unit yang dapat kami uji. Dapur pacu V6 twin turbo berkapasitas 3.800 cc mampu menghasilkan tenaga hingga 545 dk. Terbayang kan, bagaimana performa yang akan ditawarkan Juke-R ini ?
Add caption |
Add caption |
Satu yang menarik adalah panel instrumen di dasbor yang memadukan unsur Juke dan GT-R. Lingkar kemudi dan tuas di konsol tengah diadopsi dari GT-R. Lalu di bagian belakang hanya diisi oleh roll cage berstandar FIA sebagai pelindung. Dengan kata lain, Juke-R hanya dapat membawa 2 orang di dalamnya.
Sensasi berkendara sudah terasa sejak pertama kali pedal gas diinjak. Entakannya cukup membuat andrenalin meningkat cepat sambil badan terhempas kuat ke bangku. Bila dibandingkan dengan Nissan GT-R, Juke-R terasa lebih fun to drive lantaran memiliki wheelbase yang lebih pendek. Alhasil, Juke-R terasa lincah dan agresif.
Saat dipacu di kecepatan tinggi, Juke-R tetap terasa mantap meski memiliki ground clearance cukup tinggi. Hal ini dikarenakan aerokit yang disematkan memang telah diperhitungkan untuk mendapat downforce optimal.
Kami pun sempat terlena dengan akselerasi yang ditawarkan sehingga perlu memundurkan titik pengereman di salah satu tikungan tajam.
Sudah dapat ditebak, 2 buah kun pun akhirnya tersenggol akibat laju di tikungan yang melebihi kecepatan yang diperbolehkan. Tapi berita menariknya adalah, Juke tetap aesy handling. Peran computer dalam mengatur kestabilan mobil bekerja optimal sehingga pengemudi hanya perlu sedikit mengkoreksi arah kemudi untuk kembali di racing line.
Kami rasa, ini sudah mewakili dari kehebatan street car berperforma terdahsyat di muka bumi ini dan menjadi modifikasi termuktahir yang dilakukan Nissan pada Juke.
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar