Profesi sebagai seorang marketing
ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan
pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui.
Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan
setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus
dilakukan.
Apabila wawasan dan pengetahuan
sales sangat minim baik tentang teknik menjual, prospek, komunikasi, negosisai
pengetahuan produk, juga produk pesaing maka bisa dipastikan akan muntaber (mundur tanpa berita)
hehehe..yah kalau tidak capai target alamat dipecat, atau terus menerus
diomelin atasan.
Berikut adalah bahasan yang perlu
diketahui dan dipraktekkan oleh siapapun dan profesi apapun yang saat ini
dijalani yaitu mengenai :
PENTINGNYA PENGETAHUAN
Pelanggan saat ini semakin maju
dan kritis karena mereka bisa mengakses informasi begitu mudah dari berbagai
sumber dengan menggunakan internet.

Pengetahuan dasar yang wajib
dimiliki oleh setiap orang sales secara garis besar dibagi dalam 4 macam, yaitu
:
1. Pengetahuan Umum,
2. Pengetahuan Produk,
3. Pengetahuan Tentang Pelanggan dan
4. Pengetahuan Tentang Pasar
1. Pengetahuan Umum,
2. Pengetahuan Produk,
3. Pengetahuan Tentang Pelanggan dan
4. Pengetahuan Tentang Pasar
Pengetahuan umum diumpamakan
pintu masuk untuk dapat berkomunikasi dengan calon pelanggan. Bila di awal
pembicaraan anda bisa menjalin keakraban dengan pelanggan maka anda bisa masuk
dalam tahap selanjutnya yaitu mempresentasikan produk.
Dan hal yang diperlukan dalam
tahap ini adalah pengetahuan produk yang baik.
Pengetahuan berikutnya adalah
tentang pelanggan itu sendiri. Dengan pengenalan pelanggan yang baik maka
setiap orang sales akan mampu mempersiapkan diri dengan baik sebelum bertemu
ataupun ketika mempresentasikan dan meyakinkan pelanggan.
Terakhir dan yang terpenting,
seorang sales juga wajib memiliki pengetahuan tentang pasar. Dengan memiliki
pengetahuan pasar yang baik, maka setiap orang sales bisa melakukan antisipasi
dan mengurangi kesalahan dalam memilih dan memilah potensial prospek.
Demikianlah uraian singkat
tentang 4 pengetahuan dasar yang wajib dimiliki setiap orang sales, bila anda
merasa pengetahuan yang anda miliki masih kurang memadai maka segeralah
luangkan waktu dan dana untuk meningkatkan pengetahuan anda.
Semakin luas pengetahuan anda
maka semakin luas kesempatan penjualan yang bisa anda raih.
Happy Selling,
![]() |
Add caption |
The Champion Sales Trainer
Founder KOMISI – Komunitas Sales Indonesia
www.dedybudiman.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar