TIPS SALES - 01 :
Profesi sebagai seorang marketing
ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan
pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui.
Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan
setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus
dilakukan.
![]() |
Add caption |
Berikut ada tulisan menarik yang saya
baca dan bagikan kepada pembaca disini dari seorang pakar sales trainer yang
cukup terkenal mas Deddy Budiman. Beliau adalah salah seorang yang menjadi
tempat saya belajar tentang seluk beluk dunia marketing /sales. Saya menjadikan
mas Dedy Budiman sebagai guru juga mentor saya dibidang marketing /sales melalui
tulisan-tulisannya. Berikut adalah tulisan dari Dedy Budiman M.PD silah membaca, jangan
lupa siapkan secangkir kopi dan sepiring pisang goreng….muantab…! hehehe…
if
you don't do it every day,you're a bum
Coba bayangkan sejenak kira-kira
apa yang akan terjadi bila seorang pria tidak mencukur kumis dan jenggotnya
dalam waktu 7 hari? Pastinya muka pria tersebut akan nampak berantakan karena
kumis dan jenggotnya yang menutupi wajahnya.
Jangankan 7 hari, bila 1 hari
saja seorang pria lupa mencukur atau merapikan kumis dan jenggotnya, maka sudah
terlihat kurang rapi.
Mencukur kumis memang nampak
seperti hal sepele, tapi hal ini berpengaruh terhadap penampilan seseorang.
Jadi untuk memastikan anda tampak selalu rapi dan bersih maka pastikan untuk
selalu secara teratur meluangkan waktu untuk mencukur kumis anda.
Berbicara tentang mencukur kumis
saya jadi teringat dengan kebiasaan lainnya yang juga seharusnya dilakukan oleh
setiap SALES agar bisa menjadi seorang SALES MASTER.
Banyak kali saya temui SALES yang
enggan melakukan kegiatan yang seharusnya mereka lakukan karena mereka merasa
bahwa itu merupakan hal yang sepele. Padahal mereka tidak menyadari bahwa hal
sepele itu berdampak besar terhadap pencapaian omset penjualan mereka.
Misalnya coba anda bayangkan apa
yang akan terjadi bila seorang SALES tidak mempunyai database customer mereka,
atau ada seorang SALES yang tidak pernah menjalin relasi dengan pelanggan
mereka. Dan maunya hanya menjual dan menawarkan produk kepada pelanggan tapi
tidak mau tahu apa yang sedang dialami oleh pelanggan mereka.
Apakah anda mau membeli dari
seseorang yang setiap waktu bila ketemu anda hanya menawarkan produk atau jasa
mereka? Tentu saja anda tidak akan mau bahkan kalau bisa anda akan menghindari
orang-orang yang seperti ini.
Menjual itu juga sama seperti
mencukur, agar bisa mendapatkan penjualan yang bagus, maka anda harus melakukan
beberapa hal rutin terhadap calon pelanggan ataupun pelanggan anda
Kegiatan rutin itu bisa dimulai
dengan merapikan database setiap hari, janganlah menunda-nunda karena ketika
menunda maka anda akan semakin malas dan lupa. Setelah itu perhatikan dari
database anda siapa pelanggan yang berulang tahun di hari ini. Bila ada yang
berulang tahun hubungilah mereka dan berikan ucapan selamat.
Atau bila tidak ada yang berulang
tahun, luangkanlah waktu untuk sekedar “say hello” atau bersilaturahmi dengan
menanyakan kabar mereka, bagaimana keluarga ataupun bisnis mereka. Jaman sudah
semakin canggih sekarang, bila anda takut mengganggu bila menghubungi lewat
telephone, maka anda bisa menggunakan bbm ataupun social media lainnya, seperti
facebook, twitter, linkedin dan berbagai media lainnya.
Apa yang anda lakukan ini memang
sekilas terlihat sepele tapi sebenarnya hal ini sangat penting dalam mempererat
hubungan anda dengan pelanggan. Yang akhirnya berdampak terhadap penjualan
anda, entah mereka membeli kembali produk anda atau mereka bisa memberikan
referensi karena mereka puas dengan pelayanan anda.
Jadi sama seperti mencukur kumis,
membangun relasi dengan pelanggan setiap hari merupakan hal penting yang harus
anda lakukan. Tinggal masalahnya maukah anda melakukannya setiap hari? MAU?
Dedy Budiman M.Pd adalah seorang
Champion Sales Trainer yang telah berpengalaman dalam memberikan pelatihan
salesmanship di berbagai perusahaan di Indonesia. Mempunyai pengalaman lebih dari
15 tahun dalam dunia penjualan dengan beragam jalur distribusi mulai dari End
User, Retail, Traditional Market, Modern Market membuat Dedy Budiman seorang
Sales Trainer yang akan membantu anda ataupun sales team anda menjadi Sales
Champion.
Untuk informasi lebih lanjut,
silahkan mengunjungi www.dedybudiman.com, facebook: tipsales, twitter: @dedybudiman
atau menghubungi susan@dedybudiman.com.
![]() |
Add caption |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar