INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Senin, 28 Mei 2012

HARGA NISSAN JAKARTA - TIPS OTOMOTIF, Bagaimana Ketika Menghadapi Kecelakaan

Peristiwa kecelakaan bisa terjadi kapan dan dimana saja. Baik itu terhadap diri sendiri sebagai pengemudi yang terlibat maupun sebagai pengguna jalan. Namun Anda perlu mengetahui hal apa saja yang bisa Anda lakukan ketika dibutuhkan pertolongan pertama. Termasuk beberapa batasan pemberian pertolongan itu. Sehingga Anda dapat memberi pertolongan sebelum pihak terkait tiba di lokasi kecelakaan.

Menurut paramedis dari Ambulans Gawat Darurat (AGD) 118,  Anggi Sundaya, masyarakat memang memiliki hak untuk melakukan pertolongan, tapi ada hal-hal yang perlu diketahui terlebih dahulu agar pertolongan yang dilakukan menjadi efektif dan tidak memperparah kondisi korban.

"Masyarakat berhak menolong korban kecelakaan. Tapi sebagai orang awam memang harus mengetahui sampai dimana mereka boleh melakukan pertolongan," ujar Anggi.

Atas dasar itulah kami menjabarkan langkah demi langkah yang bisa dilakukan oleh orang awam ketika melihat kecelakaan.

Langkah-langkah ini pun merupakan langkah utama dan terpenting yang dapat dilakukan oleh orang awam. Intinya adalah untuk menjaga kesadaran dan pernapasan korban (Airway-Breathing-Circulation) hingga paramedis tiba.


1. Aman Diri
TIPS OTOMOTIF, HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGHADAPI KECELAKAAN
Add caption
Sebelum melakukan pertolongan, masyarakat juga harus memproteksi dirinya dari hal-hal yang dapat membuat dirinya terluka/terinfeksi. Utamanya, menurut Anggi, adalah pada telapak tangan yang merupakan titik kontak utama antara penolong dengan korban.

- Gunakan material apapun yang tidak dapat menyerap atau menghantarkan cairan dari korban ke penolong. Anda bisa menggunakan kantong plastik yang mudah ditemui dimanapun untuk memfungsikannya sebagai sarung tangan.


Perhatian !
Sebagai penolong, Anda harus tetap tenang dan jangan panik agar dapat melakukan pertolongan dengan maksimal. Jangan panik dengan kondisi apapun yang melanda korban.


2. Aman Lingkungan
TIPS OTOMOTIF, HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGHADAPI KECELAKAAN
Add caption
Setelah penolong memproteksi dirinya, saatnya penolong mengobservasi lingkungan kecelakaan. Pastikan lokasi korban tidak ada api, bensin, listrik, ataupun kemungkinan bahaya lain yang dapat memperparah kondisi korban.

- Kabel listrik, api dan bensin dapat dilihat dan dicium baunya. Jika kondisi korban berada di dalam mobil di tengah jalan, maka Anda dapat membuat perimeter di sekeliling lokasi ataupun meminta bantuan orang lain untuk mengamankan lokasi korban.


3. Aman Penderita / Korban
TIPS OTOMOTIF, HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGHADAPI KECELAKAAN
Add caption
Setelah lokasi korban memungkinkan untuk melakukan pertolongan, maka saatnya penolong memastikan kondisi korban juga telah aman untuk diberikan pertolongan. Maksudnya adalah agar ketika penolong memberikan pertolongan hasilnya akan efektif dan tidak memperburuk kondisi korban.

- Pindahkan korban dari lokasi kecelakaan jika memang lokasinya membahayakan nyawanya dan jangan ragu untuk memindahkan meski separah apapun kondisi korban.
- Posisikan korban berada dalam keadaan yang siap menerima pertolongan, seperti permukaan yang rata dan tidak berbatu.


Perhatian!
Sempatkan untuk menghubungi paramedis atau polisi untuk meminta bantuan medis setelah Anda melakukan 3 langkah awal. Deskripsikan kondisi korban dengan baik pada paramedis dan konfirmasikan tindakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh orang awam.


4. Cek Kesadaran
TIPS OTOMOTIF, HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGHADAPI KECELAKAAN
Add caption
Ini adalah kontak pertama yang perlu Anda lakukan dengan korban. Tujuan dari pengecekkan kesadaran adalah sebagai observasi kondisi korban. Dengan ini Anda akan dapat memutuskan pertolongan selanjutnya yang dapat dilakukan. Panggil korban sambil menepuk bahunya, dan lihat jika ada respons dari korban. Tanyakan nama dan bagian mana yang dirasa sakit untuk mengidentifikasi kondisi korban sekaligus membantunya mempertahankan kesadaran.

a. Jika tak ada respons, lakukan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Caranya adalah dengan memberikan kompresi/tekanan tepat di bagian tengah dada. Untuk pria kompresi bisa dilakukan di antara 2 puting dada. Sedangkan untuk wanita Anda bisa menekan di tengah tulang dadanya.

- Letakkan pangkal telapak tangan di titik kompresi. Posisikan tangan Anda berada dalam posisi tegak lurus. Dengan ini kompresi dapat dilakukan dengan maksimal pada korban.

- Lakukan RJP dengan rumus 30x2 (setiap 30 x kompresi lakukan 2 tiupan ke mulut korban)

- Lakukan sebanyak 100 x per menit.

- Lakukan RJP hingga korban bernapas dan sadar.


b. Jika ada respons dan korban sadar, Anda bisa melakukan langkah ke-5.


5. Proteksi Servikal / Kepala
TIPS OTOMOTIF - HAL YANG DILAKUKAN KETIKA MENGHADAPI KECELAKAAN
Add caption
Langkah ini merupakan langkah yang dapat Anda lakukan jika korban telah bernapas. Tujuan dari tindakkan ini adalah untuk mempertahankan jalan napas agar korban tetap dalam kondisi sadar hingga paramedis memberikan pertolongan lebih lanjut.

- Jika korban tidak memungkinkan untuk dipindahkan, maka lakukan tindakan ini dengan menyesuaikan pada posisi korban.


- Jika korban sudah dipindahkan dan dalam posisi terbaring maka lakukan proteksi servikal dari posisi atas kepala korban.


Perhatian !
Lakukan proteksi servikal hingga tim paramedis tiba.


Sumber: autobild.co.id

INFO HARGA MOBIL BARU DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN
Add caption
 

Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman