INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Jumat, 09 Mei 2014

DEALER NISSAN JAKARTA - INFO OTOMOTIF, Sejarah Lampu Lalu Lintas


INFO PROMO DAN DAFTAR HARGA MOBIL BARU NISSAN JAKARTA - TANGERANG - DEPOK - BEKASI - INFO OTOMOTIF SEJARAH LAMPU LALU LINTAS
Add caption

Coba kita perhatikan kondisi lalu lintas yang ada di kota-kota besar dunia yang begitu padat dan ramai setiap harinya, dari mulai pagi hingga malam hari. Apakah pernah terpikir awal mulanya diperlukan alat atau yang sekarang dikenal dengan rambu-rambu lalu lintas untuk mengatur kendaraan dijalan agar tertib, aman dan nyaman saat berkendara.
Kalau lampu lalu lintas di kota-kota besar Indonesia, warnanya sama yaitu Merah, Kuning dan Hijau tapi karena budaya dan kebiasaan masyrakat dalam berkendara masih banyak yang belum patuh dan taat hukum, berikut bisa kita perhatikan gambarkan dibawah ini. Artikel terkait Sejarah Penemuan Mobil Pertama.

INFO PROMO DAN DAFTAR HARGA MOBIL BARU NISSAN JAKARTA - TANGERANG - DEPOK - BEKASI - INFO OTOMOTIF SEJARAH LAMPU LALU LINTAS
Add caption


PROMO DAFTAR HARGA TERBARU MOBIL NISSAN - INFO OTOMOTIF, SEJARAH LAMPU LALU LINTAS
Add caption

Nah gambaran diatas mungkin mewakili prilaku berkendara masyarakat yang ada di kota-kota besar Indonesia. Mungkin banyak juga hal itu tanpa sadar kita lakukan sehari-hari. Hal kebiasaan yang sudah menjadi budaya ini terutama untuk para pengendara sepeda motor di Indonesia. Tidak mematuhi rambu-rambu salah satu yang menyebabkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya terus meningkat setiap tahunnya. Hal mendasar penyebab kecelakaan ini adalah kurang taat dan tertibnya masyarakat pada peraturan hukum atau rambu-rambu lalu lintas di jalan.

Padahal kalau kita melihat sejarah diciptakannya lampu lalu lintas ini adalah untuk melindungi dan menjaga keselamatan para penguna jalan raya. Berikut kita simak sejarah diciptakannya lampu lintas.


Sejarah Lampu Lintas Lintas
Melihat lampu lalu lintas saat ini mungkin sudah menjadi sesuatu yang wajar. Hampir semua pengguna jalan mengerti peraturan seperti apa yang berlaku perihal lampu yang kerap berada di persimpangan jalan tersebut. Tapi apakah Anda tahu apa makna yang tersembunyi di balik tiga warna yang dipakai dalam lampu lalu lintas ?

Menurut sejarah, lampu lalu lintas pertama dunia awalnya datang dari negara Inggris pada tahun 1868 dan ditemukan oleh seorang inventor yang tak banyak dikenal bernama J.P. Knight. Karena waktu itu masih belum banyak mobil dan motor seperti sekarang, lampu lalu lintas utamanya digunakan untuk mengatur lalu lintas kereta kuda. Bacajuga artikel tentang Sejarah Penemuan Mesin Mobil.

Sayangnya, karena ia menyala masih menggunakan gas dan sering meledak, lampu lalu lintas tersebut tak begitu populer hingga muncul versinya yang menggunakan tenaga listrik pada tahun 1914.

Walau ada beberapa model lampu lalu lintas yang banyak dipakai hingga sekarang, tetap saja skema warna yang digunakan sama. Yakni merah di atas, kuning di bagian tengah dan hijau yang paling bawah. Kenapa demikian?

Dilansir dari boldride (08/04), ternyata jawabannya berasal dari jaman awal transportasi kereta di Inggris. Pada jaman tersebut, para pekerja rel membuat sinyal khusus untuk memperingatkan kereta yang melintas akan adanya bahaya di depan. Berikut sinyal yang mereka gunakan saat itu :
INFO PROMO DAN DAFTAR HARGA MOBIL BARU NISSAN JAKARTA - TANGERANG - DEPOK - BEKASI - INFO OTOMOTIF SEJARAH LAMPU LALU LINTAS
Add caption
  • Merah : Sama seperti sekarang, merah berarti berhenti. Digunakan karena warna merah merupakan simbol dari darah.
  • Hijau : Awalnya, hijau digunakan untuk menandakan 'hati-hati' sedangkan 'jalan' atau 'aman' ditandai dengan warna putih. Namun, kala itu sering terjadi kecelakaan karena banyak masinis yang salah melihat pantulan cahaya bulan atau bintang sebagai tanda 'aman' dari para pekerja.
  • Kuning : Karena hal tersebut, lantas warna hijau berganti fungsi sebagai tanda 'Aman' alias 'Go', lalu untuk tanda 'hati-hati' menggunakan warna kuning sedangkan warna putih tak lagi digunakan. 

Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman