INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Kamis, 26 April 2012

PROMO HARGA NISSAN - TIPS OTOMOTIF, PERAWATAN “SI KARET BUNDAR” SUPAYA TETAP AMAN DAN TAHAN LAMA




HARGA NISSAN INFO DAN PROMO - TIPS OTOMOTIF PERAWATAN BAN MOBIL
Add caption
Bagi pemilik kendaraan merk NISSAN ataupun merk otomotif lainnya perlu mengetahui cara perawatan “si kulit bundar” atau ban pada mobil,  sebab menjadi salah satu bagian dari kendaraan yang sangat berperan vital dalam menjaga keselamatan. Untuk perawatan ban ini, walaupun terkesan sederhana ternyata tidaklah mudah merawat ban, karena karakter ban yang beragam.

Berikut adalah tips yang akan membantu anda dalam merawat ban agar tetap aman dan tahan lama antara lain :

1. Periksa ban secara berkala (lakukan pemeriksaan secara rutin). Pastikan tidak ada kerusakan yang kasat mata pada penampang ban.
2.    Gunakanlah ban dengan konstruksi yang sama (misal dari bahan polyester).
3.   Pastikan tekanan angin yang cepat denngan alat pengukur tekanan. Catatan tekanan yang dianjurkan biasanya tertera pada panduan manual, label di glove box, atau pada pilar pintu pengemudi. Tekanan pada ban yang dianjurkan biasanya membuat ban lebih awet, tidak mudah bocor dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Untuk mengukur tekanan ban ini, sebaiknya saat ban dalam keadaan dingin (sebelum berkendaraan).
4.   Ban tubles sebaiknya dipasang pada pelek khusus untuk ban tubles. Apabila anda memilih menggunakan ban jenis tubles, jangan memaksa menggunakan ban dalam. Sebab pada kecepatan tinggi, panas udara dalam ban akan cepat naik dan efeknya “si karet bundar” setiap saat mudah meledak.
5. Sebaiknya jangan membawa beban melebihi batas muatan. Catatan soal batasan atau kapasitas yang bisa diangkut dalam mobil biasanya tercantum pada buku manual atau pada plat sertifikat di dekat pintu pengemudi.
6.  Pastikan terdapat alur kembangan yang cukup pada permukaan ban, hal ini adalah untuk memastikan agar kendaraan dapat beroperasi  secara aman dan memastikan permukaan ban tidak aus secara merata. Semua groove atau kembang sebaiknya terlihat dan cukup dalam.
7.  Apabila ditemukan beberapa titik pada permukaan ban yang aus lebih cepat atau titik aus lebih banyak dari bagian lainnya, periksakanlah segera ke bagian service kendaraan. Hal ini kemungkinan roda-roda pada mobil tidak tepat alignment-nya (tidak sejajar / selaras posisi ban satu sama lainnya). Pada beberapa kasus, ban aus disebabkan adanya kerusakan tak merata pada peredam kejut. Pastikan aligment dan balans dari tiap roda diatur sempurna.
8.  Jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi dalam jangka waktu yang panjang, terutama pada cuaca panas. Karena hal tersebut dapat menyebabkan ban mengalami deformasi.

Selanjutnya cara mudah untuk mengetahui karakteristik ban adalah dengan memperhatikan bagian sisinya yang tertera angka dan huruf. Misalnya, pada sebuah ban tertulis 195/65R15 92H, maka angka dan huruf tersebut menunjukkan karakteristik atau kategori ban sebagai berikut :
  • Angka 195 merupakan petunjuk lebar penampang ban. Semakin besar ukuran penampang ban, semakin besar pula telapak ban.
  • Angka 65R15 merupakan petunjuk ketinggian ban diukur dari pelek hingga penampang ban yang menempel pada jalan, R15 (pelek ukuran 15). Semakin besar angkanya maka semakin tebal pula dinding ban jika dilihat dari samping luar (jika diukur dari pelek).
  • Angka 92H menunjukkan kecepatan minimum ban. Semakin besar tingkatan angka yang ditunjukkan, maka semakin besar pula kekuatan ban terhadap kecepatan tertentu.


Penulis : Iwan Prasetyo - www.nissanpilihanku.com


HARGA NISSAN - TIPS OTOMOTIF, PERAWATAN BAN MOBIL
Add caption

Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman