INFO PROMO, HARGA NISSAN-DATSUN TERBARU DEALER JAKARTA

Kamis, 19 Januari 2012

PROMO HARGA NISSAN : TIPS SALES, 4 HAL YANG WAJIB DIMILIKI UNTUK MENJADI SALESMAN SUKSES



TIPS SALES - 13 : 


Profesi sebagai seorang marketing ataupun disebut wiraniaga dan lebih popular dengan sebutan sales memerlukan pengetahuan dan ketrampilan yang harus terus menerus ditambah dan diperbaharui. Wawasan dan pengetahuan seorang sales harus terus diasah dan ditingkatkan setiap waktu karena merupakan tuntutan profesi yang mau tidak mau harus dilakukan. 

Add caption
Apabila wawasan dan pengetahuan sales sangat minim baik tentang teknik menjual, prospek, komunikasi, negosisai pengetahuan produk, juga produk pesaing maka bisa dipastikan akan muntaber (mundur tanpa berita) hehehe..yah kalau tidak capai target alamat dipecat, atau terus menerus diomelin atasan.
Berikut adalah bahasan yang perlu diketahui dan dipraktekkan oleh siapapun dan profesi apapun yang saat ini dijalani yaitu mengenai :

4 HAL YANG WAJIB DIMILIKI UNTUK MENJADI SALESMAN SUKSES

Anda seorang yang baru “nyemplung” di dunia sales ?, atau anda seorang Manager Sales yang lagi kesulitan setengah mati untuk cari salesman baru ?, atau anda sedang berpikir-pikir  untuk memindah bagiankan seseorang dari Divisi lain ke Divisi Sales?, Masih bingung bagaimana mencari dan mendapatkan Salesman yang berpotensi ?
Kita seringkali dihadapkan pada masalah-masalah diatas, yang mana pada kondisi banyaknya pengangguran, dan sulitnya lapangan kerja, mencari orang untuk posisi Salesman sepertinya tetap saja tidaklah mudah.

Dari pengalaman yang ada, seringkali kita dihadapkan pada kondisi-kondisi sulit seperti turn over Salesman yg begitu cepat, Salesman yang gak “jadi jadi” setelah dididik sekian lama atau Salesman yg selalu kasih negatif Influenze ke Team lainnya dan masalah masalah lainnya.

Begitu juga kepada mereka yang baru menikah dengan pekerjaan barunya sebagai seorang Salesman dan berharap untuk mendapatkan kesuksesan di pekerjaannya tersebut.

Dalam hal ini sebetulnya ada 4 (empat) hal yang wajib dimiliki untuk menjadi Salesman Sukses. ke 4 hal ini saya kira wajib di ketahui oleh semua orang sales. Jika anda seorang Salesman maka 4 hal utama ini harus menjadi patokan dari diri anda untuk dapat mengukur sudah dimana Anda sekarang, dan bagi Sales Manager atau Bisnis owner 4 hal ini dapat di jadikan panduan pada saat akan merekrut Salesman baru baik internal rekrutmen ataupun external rekrutmen.
Seorang Salesman yang Sukses sekiranya haruslah memiliki ke 4 unsur  berikut :

1. Memiliki kemampuan verbal yang baik.
Yang dimaksud dengan kemampuan verbal yang baik adalah seorang salesman harus bisa berbicara / berkomunikasi yang baik dengan lawan bicaranya secara jelas dan terstruktur. yang dimaksudkan jelas dan terstruktur disini adalah setidaknya mampu menjelaskan suatu masalah secara berurutan dan jelas tutur bahasanya mudah dimengerti dan dipahami oleh lawan komunikasinya. Ini adalah modal dasar bagi seseorang untuk menjadi Salesman yg sukses.
Memiliki kemampuan Verbal bukan berarti Wajib bersuara bagus, merdu atau bersuara menarik walaupun tentunya hal tersebut bisa jadi nilai tambah, yang lebih di tekankan disini adalah kemampuan dalam men-deliver atau menyampaikan pesan secara lengkap yang bisa diterima dengan baik oleh lawan bicara orang tersebut.

2. Memiliki daya analisa yang Kuat.
Apakah itu memiliki daya analisa yang kuat? Yaitu kemampuan seseorang dalam melakukan perhitungan-perhitungan dengan pengukuran Logika-logika berpikir yang masuk akal, cepat cermat dan dapat di terima. Anda bisa bayangkan ketika sedang bernegosiasi diskon si Salesman salah dalam berhitung sehingga kemudian terjadi kesalahan harga, dan akhirnya si Salesman harus meralat harga tersebut di kemudian hari, maka si customer pun tentunya akan mendapat respon yang kurang baik.
Memiliki daya analisa yang kuat berarti juga mampu mengambil kepurusan yang benar dengan cepat, hal ini tentunya menjadi additional value ketika customer bernegosiasi dengan salesman tersebut.

3. Memiliki Positive Mental Attitude yang Konsisten
Ya, memiliki positive mental attitude memang sangat penting, tapi apakah itu positive mental attitude yang dimaksud ?, Positive Mental Attitude  lebih kepada bagaimana seorang salesman memiliki pandangan serta paradigma positif terutama pada dirinya sendiri, pekerjaannya, teman-teman sekelilingnya, customer serta lingkungan dimana dia berada.

Dalam arti kata lain Positive Mental Attitude adalah semua respon-respon positif yang dimiliki seseorang dalam menghadapi hidupnya. bisa selalu ber-positif thinking kepada semua orang, mau belajar, siap berproses (siap menghadapi keberhasilan dan juga kegagalan),Jujur, dsb.

Ini poin yang sangat krusial dan penting karna benar-benar memerlukan konsistenitas yang di bangun dalam sebuah komunitas keseharian. sehingga sangat penting untuk orang sales selalu bergaul dan berkomunitas dengan orang-orang yang positif. hanya dengan cara inilah konsistenitas dari Positive Mental Attitude bisa di dapatkan secara konsisten serta tidak lupa pula selalu meng-upgrade diri dengan mengikuti seminar2 yang positif, talkshow ataupun motivasi-motivasi yang bisa di dapatkan dibanyak media saat ini.

Kita sering menemui type Salesman yang “kutu Loncat”, padahal kita tahu bahwa salesman tersebut sangat berpotensi, memiliki komunikasi verbal yg baik, berkarakter serta punya daya analisa yang tajam, namun enah mengapa setelah sekian tahun dirinya tidak pernah naik level dan selalu berpindah-pindah tempat pekerjaan. Mengapa hal ini terjadi? karena biasanya walaupun Salesman tersebut berpotensi namun dia tidak konsisten memiliki Positive Mental Attitude sehingga tidak mau berproses, mudah menyerah dan dengan gampangnya pindah “perahu” serta berharap ditempat yang baru dirinya bisa lebih baik, padahal pada kenyataannya ditempat barupun dirinya tetap harus melewati proses yang sama dengan ditempatya yang lama.

4. Memiliki Karakter
Di Ilmu Marketing kita pasti pernah mendengar kata “Positioning”, ya artinya seperti setiap Brand harus memposisikan diri sebagai apa dan dimana Brand tersebut. Dari positioning ini setiap Brand selalu punya tujuan ingin dikenal oleh masyarakat sebagai Brand apa dan bagaimana.

Dalam dunia Sales saya lebih senang menyebutnya sebagai Sales Karakter, yaitu karakter atau hal-hal unik yang wajib di miliki salesman Sukses, yang sebaiknya tidak dimiliki orang lain dan memudahkan salesman tersebut untuk lebih diingat dan dikenal oleh orang sekelilingnya. tentunya karakter-karakter ini haruslah dalam konteks yang positif.

Karakter ini haruslah kuat.dan bisa sebagai identitas diri, sebagai salesman yang sukses sangat penting bagi dirinya untuk mengembangkan network bisnisnya, dan dengan cara ini akan jauh mudah bagi seorang salesman untuk memiliki network yang luas.
Untuk lebih jelasnya lagi Karakter Sales ini biasanya bisa di kenali oleh para pelanggan kita dengan contoh ketika seorang customer bercerita kepada orang lain terhapap sales tersebut sebagai berikut : ” Pak Bapak ingat tidak ya dengan Budi Santoso, itu sales farmasi X yang suka berkelakar itu..”, artinya Budi Santoso memiliki karakter yang dikenal oleh pelanggannya suka berkelakar.

Atau contoh lain percakapan dari seorang pelanggan pada saat mereferensikan seorang salesman kepada orang lain ; ” Bapak coba telepon saja Pak Rusli ini., dia salesman alat moulding yang juga ahli mesin kok, orangnya enak diajak konsultasi dan banyak pengalaman tehnis juga”. ini menunjukan bahwa si Salesman memiliki karakter/ positioning sebagai ahli mesin juga.

Demikian ke-4 Unsur yang dimaksud, sekarang mari kita ukur diri kita apakah kita sudah memiliki ke empat unsur tersebut diatas, jika tidak, pastikan kita mengupgrade diri kita secepat mungkin, namun bila sudah maka kita sudah satu step berada di tempat yang tepat dalam berkarir sebagai Salesman.


Sumber : Wahyu Purnomo.com

Inspiring, Coaching, & Motivating Indonesian Salespeople

INFO HARGA DAN PEMESANAN MOBIL NISSAN
Add caption



Tidak ada komentar:

DAFTAR KUNJUNGAN

Total Tayangan Halaman